Tips Memotong Gypsum yang Benar agar Hasilnya Rapi
Material

Tips Memotong Gypsum yang Benar agar Hasilnya Rapi

Sekarang ini semakin tersedia banyak pilihan bahan untuk membangun rumah, sehingga membuat jasa pasang partisi dan juga masyarakat umum semakin mudah dalam memilih bahan yang mereka inginkan. Harga yang ditawarkan oleh toko bahan bangunan pun cukup bervariasi, dari yang harga murah hingga sangat mahal. Misalnya bahan gypsum sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat umum, karena harganya yang murah dan mudah dibentuk.

Pada saat Anda ingin membangun rumah atau memasang hiasan untuk rumah dengan menggunakan bahan gypsum, maka harus memperhatikan cara memotong bahan ini agar hasilnya rapi. Yuk, ikuti tutorial memotong gypsum yang benar dibawah ini.

Memastikan Ukuran Gypsum

​​​​​​Pertama – tama hal yang harus dilakukan oleh jasa pasang partisi gypsum ketika ingin memotong gypsum adalah harus memastikan ukurannya terlebih dahulu. Ukur dengan benar gypsum yang akan dipotong, kemudian buatlah garis lurus memakai penggaris. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan ukuran, supaya papan gypsum tidak terbuang dengan percuma.

Memotong Menggunakan Gergaji Kecil atau Cutter

Apabila gypsum sudah diukur dan digaris, maka Anda langsung bisa memotongnya dengan menggunakan alat bantu seperti gergaji kecil atau bisa juga memakai cutter caranya cukup mengikuti garis lurus yang sudah dibuat atau digambar tadi. Lakukan pemotongan dengan sekali gores saja sampai ada bekas goresan cukup dalam, karena gypsum berbahan empuk.

Setelah itu, balik papan gypsum dan lakukan lagi pemotongan dengan cara yang sama pada sisi sebaliknya. Apabila kedua sisi sudah ada bekas goresan, maka pukul dengan pelan papan gypsum menggunakan telapak tangan sampai papan bengkok sesuai dengan alur goresan tadi.

Papan gypsum yang dijual dipasaran biasanya memiliki lapisan kertas yang menempel. Jadi ketika jasa pasang partisi gypsum memotong papan gypsum tadi, maka akan masih ada kertas yang menempel di belakang papan. Oleh karena itu, saat papan gypsum sudah bengkok karena goresan selanjutnya potong kertas yang menempel menggunakan cutter sampai gypsum benar – benar terpotong menjadi 2 (dua) bagian dengan rapi.

Pada umumnya bangunan pada rumah memiliki langit – langit atau biasa dikenal dengan plafon yang memiliki fungsi untuk melindungi rumah dari cuaca dingin atau panas. Tapi ternyata di zaman modern seperti sekarang ini, plafon tidak hanya berfungsi untuk menghambat dingin dan panas tetapi juga digunakan sebagai media untuk mempercantik suasana dalam rumah. Bahan dari plafon itu sendiri beraneka macam, seperti triplek, kayu, asbes, aluminium dan yang cukup digemari masyarakat adalah gypsum.

Cara Perawatan Bahan Gypsum

Cara perawatan plafon bahan gypsum menurut jasa pasang partisi gypsum lebih mudah, karena tidak mudah berjamur. Selain itu, banyaknya variasi dan bentuk yang ditawarkan juga beragam untuk dipakai sebagai hiasan pada sudut ruangan, langit – langit dan bahkan pembatas antar ruangan. Bahan gypsum sendiri memiliki ukuran dan juga warna yang beraneka ragam dipasaran, sehingga dapat membuat orang lebih mudah ketika ingin memadu padankan dengan desain interior rumah mereka.

Untuk pemasangannya jasa pasang partisi tidak menyarankan jika dilakukan pada ruangan kamar mandi atau di luar ruangan yang memiliki kelembaban yang tinggi, karena gypsum tidak akan bertahan lama dan cepat rusak di tempat dengan kelembaban tinggi. Tetapi jika tetap ingin memasangnya sebagai ekterior rumah, maka bisa melapisinya dengan lapisan anti air (waterproof) terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *