Dekorasi

Tips dan Trick Membuat si Kecil Suka Merapihkan Kamar Pribadinya

Bagi Anda yang sudah memiliki anak, mempersiapkan kamar anak terpisah dari kamar orang tua adalah pilihan yang tepat. Menurut para ahli psikologi, kamar anak memang sebaiknya dipisahkan dari kamar orang tua untuk membantu perkembangan psikologis anak lebih baik. Selain anak memiliki area privasinya sendiri juga dididik lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan mandiri. Mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak dimulai pada lingkup yang terkecil dulu yakni kamar pribadi.

Kamar anak-anak tentunya identik dengan berbagai peralatan yang menunjang aktivitas anak, terutama mainan, alat tulis, buku, dlsb. Bereksperimen dalam beraktivitas juga tentu diperlukan anak-anak untuk perkembangan anak. Maka sudah barang tentu area anak akan sangat lekat dengan barang yang berantakan dan mungkin saja noda atau kotoran. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk menjaga kerapihan kamar anak dan melibatkan anak di dalam prosesnya. Mulai dari penataan furniture hingga penggunaan dekorasi wallpaper kamar anak juga turut serta berperan di dalamnya.

 

Membuat Kamar Rapi dan Nyaman yang Disukai Anak

Mengajarkan suatu hal kepada anak tentu memerlukan trick tertentu dan Anda perlu mempelajari karakteristik anak Anda. Namun pada umumnya hampir semua anak-anak cenderung senang merawat sesuatu yang disukainya. Mungkin karakter inilah yang dapat dimanfaatkan untuk memulai usaha Anda dalam mengajarkan pentingnya kerapihan dan kebersihan lingkungan, dalam hal ini adalah kamar.

1. Buat kondisi awal kamar menjadi kondisi yang disukai anak.

Ketika anak menyukai kondisi kamarnya yang rapih dan bersih, tentu akan mudah bagi orang tua untuk memberi tahu anak bahwa kerapihan dan kebersihan itu menyenangkan. Anda bisa mulai dengan mendekor kamar anak dengan dekorasi kesukaan si kecil. Misalnya dengan pemanfaatan wallpaper kamar anak dan sejumlah perabot yang sesuai kesukaan anak.

Anda dapat menggunakan wallpaper dengan tema atau warna favorite anak. Namun harus diperhatikan, dalam pemilihan wallpaper juga harus mempertimbangkan efek visualnya. Jangan sampai wallpaper yang seharusnya membuat kamar indah justru akan membuat kamar menjadi tampak penuh atau tidak nyaman sebagai tempat beristirahat. Selain itu, wallpaper ini juga dapat berfungsi melindungi tembok dari noda akibat aktivitas anak atau justru menutupi kecacatan yang sudah terjadi agar kamar tetap terlihat bersih dan indah. Untuk harga wallpaper anak juga tidak terlalu mahal tergantung bahan dan motifnya. Biasanya dipatok 100-150 ribu per m², meski ada pula yang menjual di bawah atau di atas harga tersebut.

2. Memberikan meja dan laci untuk tempat barang dengan jumlah dan ukuran yang sesuai.

Meja di dalam kamar juga tentu menjadi bagian yang berperan penting. Karena di sinilah anak bisa meletakkan atau menyimpan sejumlah barang yang mungkin digunakan untuk aktivitasnya. Namun Anda perlu memastikan bahwa besar dan jumlah meja atau laci cukup dan tidak berlebihan. Hindari penggunaan terlalu banyak laci karena justru akan membuat anak kebingungan. Untuk beberapa barang yang berukuran kecil lebih baik disimpan di laci daripada dibiarkan di atas meja karena justru akan membuat meja terlihat penuh hingga rawan berantakan dan berdebu.

Baca juga: 6 WARNA CAT TEMBOK YANG BAGUS DAN TAHAN LAMA UNTUK RUANG KANTOR

3. Hindari menggantung banyak barang di tembok kamar.

Hal ini untuk menghindari membuat tembok terlihat penuh dan memberi kesan berantakan pada kamar.

4. Pemilihan warna serasi untuk perabot dan furniture.

Hal ini tentu saja penting terutama untuk hal dekorasi. Pastikan warna yang Anda pilih justru tidak membuat efek visual yang tidak menarik bagi kamar.

5. Berikan sarana untuk menjaga kebersihan di sekitar kamar.

Anda mungkin dapat meletakkan tong sampah di depan kamar anak untuk memudahkan anak membuang sampah pada tempatnya. Anda mungkin juga dapat meletakkan sejumlah peralatan seperti lap, tissue dan sejenisnya di dalam kamar untuk membiasakan anak rajin membersihkan setiap noda atau kotoran yang terjadi.

Anda juga dapat memberikan peralatan kebersihan eksklusif buat si kecil seperti sapu kecil khusus buat anak-anak agar anak menjadi tertarik untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di kamarnya.

Demikianlah sejumlah tips dan trick untuk membuat anak Anda excited untuk menjaga kebersihan kamarnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *