Kegunaan Material Aluminium
Material

Aluminium, Dari Perut Bumi Hingga ke Dapur

Aluminium adalah logam yang paling banyak diproduksi untuk keperluan hidup manusia baik untuk keperluan rumah tangga, perkantoran, industri, sampai peralatan perang. Kehebatan logam ini diantara logam lain karena aluminium merupakan logam yang ringan tetapi kuat, konduktor yang paling baik bahkan lebih baik daripada tembaga, mudah dibentuk, tahan korosi dan murah. Seluruh keistimewaan ini tidak didapat dengan mudah. Sejak abad ke 18 para ahli kimia telah meneliti dan mencoba membuat logam dengan spesifikasi tersebut. Hingga pada tahun 1888, ahli kimia Jerman, Bayern menemukan cara memperoleh alumina dari bauksit dengan cara pelarutan kimia. Cara yang diperkenalkan Bayern ini kemudian digunakan hingga sekarang.

Aluminium dapat diperoleh melalui tambang yang bernama alumia, cryolite, granit, dan bauksit yang berjumlah sangat banyak di seluruh muka bumi. Dengan sistem pemisahan dengan cara mengisolasi, logam aluminium tidak murni ini mudah dibentuk. Kini aluminium diproduksi dengan campuran natrium, aluminium dan kalsium fluorida.

Kegunaan Material Aluminium yang Begitu Luas

Hal yang paling menarik dari logam ini adalah kekuatannya dalam menahan korosi sehingga membuat logam ini tahan karat.  Di samping itu, logam ringan ini juga sangat kuat, tak heran badan pesawat menggunakan logam jenis ini. Sebelum baja ditemukan, logam ini digunakan untuk melapisi peralatan perang pada zaman Romawi untuk mencegah karat pada pedang-pedang mereka.

1. Perkakas Rumah Tangga

Dalam hal ini aluminium merupakan logam yang paling banyak ditemui di setiap sudut rumah tangga. Dari peralatan dapur, tangga, kusen, hingga pintu dan rangka rumah. Pintu kaca aluminium dan rangka atap rumah saat ini paling banyak digunakan dalam industri perumahan dewasa ini. Di samping sifatnya yang ringan dan kuat, aluminium juga tahan terhadap karat. Banyak orang tertarik menggunakan logam ini sebagai pengganti kayu disebabkan kekuatannya dan lebih murah daripada kayu yang dirasakan semakin mahal.

2. Industri

Dalam dunia industri, aluminium banyak digunakan untuk pembuatan pipa, kabel, serat optik, tabung, tangki, fabrikasi, dan casting. Dalam industri makanan olahan, logam ini dipakai untuk melapisi kemasan kaleng dan kertas aluminium foil yang sangat penting untuk mencegah korosi. Penggunaan lebih luas pada sektor elektronik di mana banyak komponen yang mudah panas dan membutuhkan aluminium untuk menghilangkan efek panas ini.

3. Militer

Alutsista militer banyak menggunakan logam jenis ini. Dari komponen peluru, proyektil, bom, body pesawat, tempat makan, tenda, hingga body kapal. Beberapa jembatan portabel yang mudah dipasang dan dibongkar kembali dalam waktu singkat, antara lain juga menggunakan logam ini.

4. Transportasi

Hampir dapat dipastikan bahwa semua alat transportasi sangat bergantung dari logam ringan yang fleksibel ini. Sebut saja kereta api, mobil, dan motor. Banyak komponen yang terdapat di dalamnya antara lain menggunakan aluminium.

Penemuan aluminium tanpa disadari telah berperan besar dalam kehidupan modern saat ini. Peralatan yang menggunakan bahan ini sangat luas dari perabotan rumah tangga hingga alutsista militer.

Penggunaan yang paling banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga. Setiap sudut rumah dapat dipastikan ada unsur logam ini. Sifatnya yang ringan tetapi kuat dan tahan karat, telah digunakan untuk konstruksi bangunan menggantikan peran kayu yang semakin mahal dan tak sekuat aluminium. Kusen dan atap rumah saat ini banyak menggunakan aluminium termasuk pintu aluminium kaca. Hebatnya lagi, logam ini mudah didaur ulang dan tentu saja ikut melestarikan lingkungan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *